Project #2: Thai Cuisine

Kalau ditanya apa yang paling saya suka dari Thailand,
jawabannya adalah MAKANANNYA!

Yap! Jajanan Thailand beragam dan tersebar di mana-mana, layaknya di Indonesia yang di pinggir jalan pun bergelimpangan pedagang makanan. Selain soal makanannya, pantai dan daerah jajahan belanja di Thailand pun cukup terkenal. Sebut saja Bangkok untuk surga belanjanya, lalu Phuket dan Krabi untuk pantainya yang luar biasa KEREN!
(Bukan berarti saya gak cinta sama negara sendiri, tapi keindahan pantai di Thailand patut diacungi jempol.. PLUS.. pemerintahnya pun gak sete
ngah-setengah untuk mempromosikan pariwisata di negaranya)

Oke.. Lanjut soal kuliner di Thailand. Setelah beberapa kali k
e sana, ternyata saya hanya mampu mengumpulkan sedikit dari foto-foto kuliner yang sempat saya dokumentasikan. Sisanya menurut saya agak kurang layak di publish, karena hasil gambar yang ternyata gak begitu bagus. Hehehe. Tapi percaya deh, walaupun cuma segelintir.. dijamin bakalan bikin ngiler! :D

Untuk makanan khas Thailand, saya kurang begitu suka Tom Yam Goong. Karena masakan ini sudah begitu "mendunia", setelan lidah saya untuk masakan yang satu ini seringnya tidak sesuai selera. Mungkin karena di tiap daerah, disesuaikan dengan lidah penduduk setempat. Jadilah saya gak begitu paham dengan rasa aslinya.

Tapi jangan khawatir, saya punya masakan favorit yang WAJIB dicoba jika anda bepergian ke Thailand, namanya.. Tom Kha Gai! Beda dengan Tom Yam Goong yang rasanya asam pedas dan terkadang agak manis, dengan kuah yang bening.. Tom Kha Gai berkuah santan putih gurih dengan ramuan bumbu yang segar dan pas. Pilihan Tom Kha Gai pun tergantung selera, ada ayam atau seafood.

Selain itu, masakan Thailand juga terkenal dengan berbagai macam jenis KARI-nya.. ada 3 macam yang terkenal yaitu Red Curry (bahan dasar terbuat dari cabe merah dikeringkan),Green Curry (terbuat dari cabe hijau kering dan ditumbuk dengan bumbu-bumbu lain), dan Yellow Curry (rasanya tidak begitu berbeda dengan kari dari India dan Pakistan).

Kuliner yang pastinya wajib dicoba adalah Pad Thai (sering juga disebut Glass Noodles), mie goreng ala Thailand dengan campuran seafood (bisa juga ayam, sapi, atau babi), toge, sayuran, kacang tanah, dan dried chilli. Sangat amat.. Yumm Yumm! Ini makanan wajib saya di tiap kesempatan. Tersebar di tiap restoran sampai ke pedagang kaki lima pinggir jalan :D

Kuliner lain juga baru saya eksplorasi setelah terakhir kali saya ke Thailand adalah Salad Ala Thai. Daging giling dimasak dengan sedikit sayur-sayuran diracik dengan bumbu segar. Rasa yang mendominasi adalah segarnya sari jeruk nipis/limau. Enaknya.. WUIH! Bikin saya gak bisa berhenti ngunyah :P


Pineapple Fried Rice
Minced Beef Salad Ala Thai
Chicken Green Curry
Dried Green Curry With Chicken and Basil
Dried Yellow Curry Fried Rice
Deep Fried Garlic Pork
Tom Kha Gai
Beef In Red Curry Paste (with dried chilli)
Squid In Oyster Sauce
Deep Fried Garlic Red Snapper
Fried Kway Teaow
Beef In Red Curry Paste


Nampaknya masih akan ada postingan kedua mengenai kuliner Thailand. Saya harus obrak-abrik folder foto-foto dulu nih. Hehehe.. Duh! Jadi laper..


A.

0 comments:

Post a Comment